Sharing Alumni: dr. Evalina Malau

Perkenalkan saya dr. Evalina Malau, PMKK angkatan 2002

  • Menurut kakak, PMKK itu apa?

PMKK merupakan suatu persekutuan tempat mahasiswa kedokteran diajak/dibina untuk mengenal Tuhan dan bertumbuh didalamnya.

  • Apa yang berkesan dan kakak dapat dari PMKK?

Kesannya PMKK itu sehati, bersyukur dulu di PMKK mendapat teman-teman, kakak-kakak, dan adik-adik yang bisa dianggap sebagai saudara. Saling menopang, mendukung dalam pertumbuhan iman dan menolong dalam pelajaran juga.

Paling suka karena ada kakak-adik buku, ada tentiran dari kakak-kakak senior dan kakak senior yang selalu siap unuk ditanya. Ada teman-teman juga sebagai tempat berbagi (secara dulu merantau sendirian hehehe).

  • Ceritakan bagaimana pengalaman sama Tuhan yang paling berkesan dalam kakak menempuh pendidikan menjadi seorang Dokter?

Pengalaman yang paling berkesan dengan Tuhan selama pendidikan ada banyak, saya bisa mengenal Tuhan secara pribadi dan bertumbuh dalam Dia. Selama pendidikan saya belajar bahwa Tuhan itu Tuhan yang menyediakan segala sesuatunya, pemeliharaanNya yang terus nyata. Saya sempat tidak menyangka bakalan bisa lulus menjadi Dokter namun Dia membuat segala sesuatu menjadi indah dan dalam AnugrahNya saya bisa melalui pendidikan dan lulus menjadi Dokter.

Perjuangan yang cukup panjang dan di dalam pengharapan kepadaNya semua berakhir indah.

  • Tantangan yang dihadapi sebagai seorang Dokter di dunia kerja khususnya yang kakak alami dan bagaimana mengatasinya?

Tantangan selama menjadi dokter adalah terkadang mau bekerja optimal untuk pelayanan tetapi tidak didukung dengan kondisi sekitar, khususnya pihak-pihak yang berwenang. Apalagi sehari-hari saya bekerja di puskesmas. Saya rindu untuk mengembangkan pelayanan menjadi lebih baik supaya pasien-pasien tidak mesti dirujuk untuk kasus-kasus yang memang bisa dilayani di layanan primer. Tapi lagi-lagi laboratorium penunjang dan obat-obatan tidak pernah dipenuhi.

Sejauh ini menjalani tugas dan berdoa supaya pengambilan kebijakan lebih memperhatikan pengembangan layanan masyarakat.

  • Pesan kakak buat adik-adik PMKK dan alumni?

Pesan buat adik-adik PMKK, Carilah dahulu Kerajaan Allah maka semuanya akan ditambahkan padaMu (Matius 6:33). Selagi mahasiswa, pakailah waktu untuk mengenal Dia, hidup di dalam Dia. Karena profesi kita merupakan profesi yang sangat strategis untuk melayani orang dan menjadi berkat untuk banyak orang.

  • Motto hidup atau ayat favorit?

Hidup adalah Anugerah. Semua yang ada dalam hidupku adalah Anugrah Tuhan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s