Penyambutan PMKK 2016

Shalom, Rova 🙂

Mau nanya-nanya tentang kegiatan penyambutan PMKK 2016 nih. Bisa diceritain dong itu acara apa dan ngapain aja?

Kegiatan yang dilakukan sebenarnya sudah direncanakan semenjak 2 bulan sebelum PMB dimulai. Acara Penyambutan PMKK 2016 ini sudah menjadi mandat turun-temurun dari angkatan atas kepada angkatan bawah agar adik-adik yang belum tahu menahu tentang pmkk dapat dikenalkan terlebih dahulu ‘kulit luar’-nya.  Kebetulan saya sendiri adalah Ketua penyambutannya. Hal awal yang menjadi pemikiran saya adalah “PEMBUKAAN PRODI JURUSAN KG DAN FARMASI”. Mengapa hal ini begitu krusial? Pertama, secara logis pasti anak-anak PMKK 2016 bertambah banyak. Kedua, koordinasi dengan prodi ini belum bisa berjalan lancar diakibatkan beberapa ketua PMKK mengikuti KMDN dan reshuffle kabinet PMKK 2016 (regenerasi pengurus). Ketiga, meskipun saya sudah sering bertemu kakak-kakak untuk mendapat bimbingan mengenai acara ini, jumlah anggota PMKK 2015 yang datang untuk acara menjadi persoalan karena banyak yang mudik dan menjadi panitia PMB (bahkan salah satunya merupakan Komdis) Terakhir, saya merasa minder karena belum pernah mengepalai acara akbar yang anggotanya bahkan 2 kali jumlah anggota PMKK angkatan saya. Tapi, untuk menjawab pertanyaan :

  • Acara dimulai saat PMB Fakultas: berkumpul, Sharing, Perkenalan diri, makan-makan dan mengisi form PMKK
  • PMB Jurusan : berkumpul, sharing, menceritakan “apa itu PMKK”, makan-makan, praise and worship, games, foto bareng.
penyambutan-pmkk-2016
Penyambutan PMKK 2016

Bagaimana persiapan panitia dari awal sampai acara ini selesai?

Persiapan lebih kepada hal-hal sederhana terlebih dahulu seperti misalnya :

  1. Koordinasi dengan beberapa kakak angkatan perihal apa itu penyambutan
  2. Menentukan susunan kepanitiaan, di mana hal tersebut susah karena alasan yang sudah saya sebutkan di atas.
  3. Menentukan penanggung jawab pada hari-H
  4. Latihan untuk para pemusik di hari-H
  5. Mengumpulkan adik-adik ke dalam satu grup Line besar.

Nah, untuk persiapan sulit atau dadakan, seperti beli snack, makanan, games dan lain-lain dibicarakan bersama dengan panitia yang sudah terbentuk.

Firman dan pelajaran apa yang bisa didapatkan dari acara ini?

Untuk firman yang didapatkan yaitu dari Yohanes 15: 1-8 tentang “Pokok anggur yang benar”. Saya, berpikir harus jadi seperti apa sih PMKK 2016? Sama dengan PMKK 2015 kah? Atau sama dengan angkatan yang lain? NO! Setelah saya membaca firman ini, saya mendapat ilham untuk menganalogikan adik-adik 2016 seperti pohon anggur. Peran Bapa sebagai pengusaha tetap tak tergantikan, Beliau-lah yang menjaga­ kita supaya tetap bersih dan bertumbuh ke atas. Yesus sebagai pokok yang benar agar kita semua memiliki dasar yang kuat. Dan akhirnya, kami PMKK 2015, dan seluruh jajaran PMK FK UNDIP-lah yang menjadi pupuk bersama dengan Firman Tuhan untuk membuat potensi adik-adik kami menjadi sungguh luar biasa dan berbuah di hadapan Tuhan Yesus. Nah, karena peran dari kami sebagai pupuk sangat dibutuhkan, maka kami sebagai kakak-kakak harus menjadi pupuk yang baik agar adik-adik bisa menyerap unsur hara kami dengan baik pula.

Bagaimana acara ini berlangsung?

Acara ini berlangsung saat ishoma PMB. Tepatnya jam 11.45 WIB. Saya diminta maju ke depan agar adik-adik bisa tahu, kalau saya yang menjadi PJ Mahasiswa beragama Kristen. Tentu saja, saya canggung pertama kali bertemu. Tapi berhubung di depan saya ada beberapa kakak-kakak angkatan atas saya tidak boleh membuat kebodohan dengan sok canggung atau malu. Lalu susunan acara seperti diatas berlangsung. Oh iya, karena saya juga merangkap PJ Konsumsi dan P3K saat PMB jadi mungkin kesannya saya agak hectic. Tapi, itu semua menyenangkan buat saya kerjakan, dan semoga juga di hadapan Tuhan.

Apa harapan panitia untuk PMKK 2016 dan acara penyambutan selanjutnya?

Harapan kami tentu saja agar panitia selanjutnya bisa lebih Magis. Apa itu? Kekuatan sihir? Bukan, Magis adalah suatu filosofi untuk menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Dengan kata lain, yang kami harapkan acara selanjutnya lebih baik dari acara ini dan tentu saja lebih bermakna di hadapan Tuhan. Kepada Adik-adik 2016, kakak atas nama panitia mengharapkan kalian supaya bisa BERDIKARI alias “Berdiri di Kaki Sendiri”. Jangan putus semangat. Jadilah seperti Yusuf, meskpiun dia dibuang, dianiaya, dijual, dimasukkan penjara, dia tetap mempercayakan hidupnya kepada Allah. Anggaplah semua proses di Fakultas Kedokteran (which is a lot) itu adalah cara Allah membersihkan batang-batangmu agar tumbuhnya ke atas. Berterima kasihlah kepada Tuhan karena Pokok Anggur-mu tetap benar. Turuti Firman Tuhan dan nasehat kakak-kakak supaya kalian bisa tumbuh menjadi  Pohon Anggur favorit pengusaha dan pada akhirnya kalian akan menghasilkan buah anggur yang bahkan gelembungnya lebih banyak dari keadaan Mola Hidatidosa (sorry tunggu modul 3 yaaa hehehe).

Yohanes 14:6
Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”

Amen

Iklan

Kepengurusan PMKK Baru – Sharing Clara Tarigan

Halo semuanyaaa 😀 Saya Clara Vica R. Tarigan, ketua PMKK dari PMKK angkatan 2014. Mau sharing nih tentang kegiatan Gathering Pengurus PMKK yang udah dilaksanakan 22-23 Juli 2016 di Vila Bandungan.

pengurus-pmkk

Jadi Gathering Pengurus adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap 1x per semester. Nah tujuan dari gathering ini adalah “menyegarkan” kembali semangat melayani pengurus dan juga mempererat relasi sesama pengurus dan tentunya mengambil waktu pribadi bersama Tuhan 😀 Biasanya juga digunakan sekalian untuk rapat evaluasi akhir semester. Khusus semester ini ditambah juga agenda untuk regenerasi kepengurusan PMKK. Nah acaranya apa aja yaa ? Acaranya dibuka dengan rapat evaluasi akhir semester, lalu dilanjutkan dengan sesi 1 oleh kakak kita, dr. Tita angkatan 2009. Terus lanjut makan malam dan pesta BBQ :9 Lalu besok paginya ada Morning Devotion dari kakak kita juga, dr. Fransiska (kak Ncis) angkatan 2008. Selanjutnya ada games dan olahraga pagi juga yang seru abis hahaha 😀 Lalu setelah mandi dan sarapan, lanjut sesi 2 oleh Ko Adrian yang kemudian ditutup dengan ibadah Pengutusan.

gathering-pengurus-2
Pengurus PMKK periode 2016-2017

Baca lebih lanjut

Gathering Pengurus PMKK 2015

Gathering pengurus ini adalah agenda tengah tahun pengurus PMKK, yang dilakukan sebelum memulai setengah tahun kepengurusan berikutnya. Untuk tanggalnya, pada tahun ini gathering pengurus dilaksanakan tanggal 29-30 Oktober 2015, tepatnya pada hari sabtu dan minggu dan dilaksanakan di salah satu villa di wilayah Bandungan.

1441002798068  1441002962224

Untuk agendanya sendiri, sabtu pagi dimulai di kampus kedokteran Tembalang dengan sesi yang dibawakan oleh ci Anita, dilanjutkan perjalanan ke bandungan, pemaparan evaluasi tengah tahun dari tiap departemen, lalu lomba memasak antar pengurus, dan sabtu malam diakhiri dengan sesi sharing oleh setiap pengurus. Pada hari minggu pengurus memulai hari dengan saat teduh, senam pagi, games outdoor, lalu pengutusan dan penutupan.

Gathering tengah tahun ini jadi wadah menyeluruh dimana para pengurus bisa mengevaluasi kerja selama setengah tahun, bisa membangun kebersamaan antar pengurus, dan tentunya untuk me-recharge pengurus baik secara jasmani maupun rohani setelah melayani selama setengah tahun untuk siap melayani setengah tahun berikutnya.

Tema untuk gathering tahun ini adalah ‘Melayani Dalam Roh’ , tema ini terkhusus untuk mengingatkan pengurus bahwa pelayanan yang kita jalani sesungguhnya adalah dari Tuhan oleh Tuhan dan untuk Tuhan, bagaimana kita sebagai pelayan Tuhan bisa melayani dengan tidak bergantung pada kekuatan maupun pikiran pribadi tapi sungguh-sungguh Roh Tuhan yang memberikan pimpinan dalam setiap langkah yang pengurus ambil, supaya pengurus tetap teguh dalam komitmen untuk melayani apapun kondisi yang sedang dialami entah itu masa kesukaran maupun saat bersukacita.

1441002962224-2

Kebetulan saya sebagai BPH ambil bagian dalam mempersiapkan gathering ini, pergumulannya cukup besar waktu itu, terutama dikarenakan jadwal mulai kuliah yang simpang siur, ada kabar yang mengatakan mulai kuliah tanggal 30 agustus tetapi ada juga yang bilang kuliah dimulai tanggal 1 september. Panitia sempat beberapa kali mengganti tanggal dari 30-31 menjadi 31-1 dan akhirnya diputuskan untuk mengikuti jadwal 30-31 karena ada perbedaan jadwal masuk antar angkatan, dimana 2012 (semester 7) dan 2014 (semester 3) masuk pada tanggal 31 agustus sedangkan 2013 (semester 5) masuk pada tanggal 1 september. Banyak pengurus yang bergumul untuk ikut dikarenakan perbedaan jadwal tersebut, tetapi puji Tuhan pada akhirnya gathering bisa berjalan dengan 20 pengurus yang ikut. Tempat dan dana pun juga sempat menjadi pergumulan tetapi dengan pertolongan Tuhan segala sesuatunya disediakan tepat pada waktuNya.

1441002880679

Kalau saya secara pribadi mengucap syukur karena gathering bisa terlaksana, ada lawatan Tuhan yang berbicara secara pribadi ke tiap tiap pengurus dan saya sangat merasa di-charge kembali rohnya untuk melayani Tuhan. Seperti diteguhkan lagi komitmen untuk melayani sampai akhir, sampai selesai, dan lakukan semuanya yang terbaik seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Di gathering ini juga kebersamaan pengurus dibangung, lebih banyak waktu bersama, banyak kegiatan kebersamaan, jadi semakin menumbuhkan rasa kekeluargaan dalam pengurus PMKK ini.

Kalau moment cukup banyak sebenarnya, terutama saat saat kebersamaan seperti waktu lomba masak perkelompok, sharing hingga larut malam, games-games, disitu sangat membangun kebersamaan dan kekeluargaan di antara pengurus.

1443503748995 1441526756291

Harapan dan pesan saya untuk pengurus, ayo teman teman kita sama sama beri yang terbaik buat pelayanan kita, sudah setengah jalan kita lewati sama-sama, mungkin banyak kekurangan mungkin banyak gesekan tapi percaya bahwa itu semua yang semakin membentuk kita menjadi pribadi yang lebih tangguh. Percaya bahwa bukan kita yang memilih Dia tapi Dia yang telah memilih kita, membentuk kita, dan menyertai kita sampai rencanaNya tergenapi untuk setiap kita. Ingat terus kasih Tuhan buat hidup kita, dan tetap punya sikap hati mau memberi yang terbaik untuk Tuhan dan bukan untuk manusia, karena sadar bahwa Dia sudah terlebih dahulu beri yang terbaik untuk kita. Semangat terus teman-teman pengurus, ayo kita sama sama bertanding sampai akhir, sampai di garis finish dan kita dapati Tuhan berkenan terhadap pelayanan kita, sampai nama Tuhan dipermuliakan di seluruh bumi, di Indonesia, di Semarang, di Fakultas Kedokteran Undip.

Tuhan berkati 🙂

-Paulus Alfredo, PMKK UNDIP 2012-

PMK Joglosemar

Syalooom….

PMK Joglosemar adalah Persekutuan Mahasiswa kristen Fakultas Kedokteran (MKFK) dari empat universitas di tiga kota, yaitu Universitas Diponegoro (Semarang), Universitas Sebelas Maret (Surakarta), Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Kristen Duta Wacana (Yogyakarta). PMK Joglosemar pertama kali dicetuskan oleh teman-teman kita yang mengikuti KMdN XIX di Bali. PMK Joglosemar dibentuk untuk mempererat hubungan MKFK di tiga kota tersebut dan sebagai wadah untuk saling sharing kemajuan dan pergumulan PMK masing-masing.

Tanggal 18 April 2015 telah diadakan Gathering PMK Joglosemar yang kedua  di UKDW ., sedangkan gathering pertama dilaksanakan di UNS pada tanggal 4 Oktober 2014. Gathering di UKDW  ini dihadiri oleh beberapa MKFK dari keempat universitas. Acaranya seru banget…!

PMK Joglosemar

Gathering ini diawali dengan ibadah dan firman yang disampaikan oleh Kak Dhika, Alumni UGM. Firman yang disampaikan mengingatkan kita tentang bagaimana melayani Tuhan dengan berkelompok sehingga kita bisa melayani lebih baik dan lebih jauh lagi. Beberapa hal yang perlu kita perhatikan yaitu:

  • Melayani adalah suatu kehormatan
  • Penggenapan janji Allah akan nyata kalau kita setia dalam segala perkara
  • Pelayanan Roh
  • Memperbaiki hubungan kita dengan Tuhan

Setelah ibadah selesai, dilanjutkan dengan games dan penampilan tiap universitas 😀 games-nya untuk mempererat dan agar semakin kenal satu sama lain hehehe. Ada makan bersama, city tour, dan sharing pergumulan serta kemajuan PMK tiap-tiap universitas juga.

Acara gathering PMK ini sangat bermanfaat karena membuat kita lebih mengenal lagi MKFK dari universitas lain, terutama yang deket dulu di Solo dan Yogakarta. Harapannya tetap terjalin komunikasi yang baik dan gathering ini terus berlanjut. Nah.. gathering selanjutnya akan diadakan di Undip lhoo, semester depan pada bulan November/Desember yeaayy !! 😀

Jangan lupa ikut yaa.. Dan nantikan kegiatan apa yang akan kita lakukan saat gathering!

God bless you

Gathering PMKK Alumni

Syalom PMKK dan PMKK alumni, saya Raissa Vaniana Hartanto biasa dipanggil Caca. Saya departemen acara dalam kepengurusan alumni PMKK. Saya dipilih sebagai ketua acara dalam acara gathering pada hari minggu yang lalu tanggal 26/04/2015. Pada awal saya diajak untuk bergabung sebagai pengurus alumni saya hanya ingin sekedar bergabung karena diajak. Begitu pula saat saya dipilih sebagai Ketua Acara Gathering Alumni PMKK. Awalnya saya hanya menerima ini sebagai tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh ketua kami,menyiapkan dan merencanakan acara gathering sebagaimana adanya seperti program kerja dalam kepengurusan. Sebenarnya kami merencanakan adanya gathering ini dengan spontan,karena kalau menunggu tahun depan dan ada dana tidak akan gerak dan terlalu lama.

Kami mulai berkumpul untuk rapat mempersiapkan gathering dari tempat, susunan acara, petugas, konsumsi, pembicara, dan undangan. Undangan kami bagi lewat sms, Line, FB dan Whatsapp tetapi masih sedikit yang respon dan mengkonfirmasi untuk mengikuti acara ini. Ada juga yang mengkonfirmasi tidak bisa datang karena berhalangan hadir pada hari itu. Semangat saya mulai turun karena hal ini, tetapi dari situlah Tuhan menegur dan memberikan kerinduan hatiNya pada saya. Tuhan mengingatkan saya ayat Kolose 3:23, 2 Korintus 4:5, Galatia 1:10. Ayat Kolose 3: 23 pasti kita semua juga tahu bahkan saya pun hapal, tapi sebenarnya ayat ini hanya sampai di pikiran dan pengertian saya saja. Dan Ketika Tuhan menegur, saya menangkap benar dalam hati saya dan saya mengalami bahwa lakukan tugas ini dengan segenap hatimu untuk Tuhan dan bukan untuk manusia,dikatakan segenap hati berarti seutuhnya (full) tidak setengah-setengah atau seadanya saja. Saya sangat suka dengan ayat berikutnya di 2 Korintus 4:5 dikatakan bukan diri kami yang diberitakan tetapi Tuhan Yesus dan kami cuma hamba, dan apakah motivasi kita mencari perkenan Tuhan atau perkenan manusia. Saya sering mendengar ayat ini, tetapi begitu Roh Kudus bekerja dalam hati saya, saya mengerti benar bahwa ayat itu bukanlah hal yang mudah tetapi saya mau mengalaminya bersama Tuhan.

Setelah itu kami berusaha mempersiapkannya dengan sebaik mungkin, tidak mau memberikan seadanya. Undangan secara tertulis kami buat untuk alumni sekitar Semarang. Kemudian di FB ada alumni yang tidak bisa datang dan beberapa meminta proposal kegiatan ini, bahkan kami tidak terpikir membuat proposal acara karena dana akan tertutup dari biaya pembayaran per orang bila mengikuti gathering. Akhirnya kami memutuskan untuk membuat proposal acara dan memberikan pada alumni melalui email juga secara langsung kepada alumni yang di Semarang. Itulah kerinduan di hati para pengurus bisa mempersatukan alumni PMKK Undip kembali di dalam Tuhan, dan kami percaya itulah kerinduan Tuhan yang diberikan buat kami.

Baca lebih lanjut