Gereja Adalah Orangnya

Business development - Closeup of hands holding seedling in a group

Oleh : dr. Nhana, Malinau-Kalimantan Utara

Aku gereja, kaupun gereja, kita sama-sama gereja. Dan mengikut YESUS di seluruh dunia, kita sama-sama gereja. Gereja bukanlah gedungnya dan bukan juga menaranya, bukalah pintunya, lihat didalamnya, gereja adalah orangnya”

Ini adalah kutipan lirik lagu yang telah ku dengarkan sejak jaman aku masih kecil dan lagu ini selalu menjadi rema meski sejak dulu aku sebenarnya tidak begitu paham maksud dari lirik lagu ini.

Beberapa bulan yang lalu sempat ada kejadian di tempat kerjaku, pada saat itu ada acara konser yang diadakan oleh gereja kami dan karena mengundang artis rohani yang cukup terkenal dari ibu kota sehingga aku berniat mengajak salah seorang teman di tempat kerja yang juga nasrani untuk datang ke konser tersebut. Namun karena konser tersebut diadakan di gereja kami dan beliau bukan jemaat di gereja tersebut, sehingga beliau menyatakan tidak akan datang karena tidak mau ditarik menjadi jemaat gereja tersebut. Dalam hati sebenarnya ungkapan beliau begitu menusuk, padahal tidak ada niatan seperti itu sama sekali, namun akhirnya aku berusaha berpikir positif saja. Beberapa minggu yang lalu kejadian yang serupa tapi tak sama terjadi lagi, aku mendapatkan kabar dari salah seorang teman sepelayananku bahwa ada seorang teman kami yang dulu pernah menjadi partner dalam pelayanan yang menyatakan bahwa pelayanan yang kami kerjakan untuk membawa orang-orang yang kami layani masuk dan menjadi jemaat di salah satu gereja. Padahal aku dan temanku serta beberapa teman sepelayanan kami berasal dari gereja yang berbeda.

Sejak saat itu, lagu ini seperti berdengung begitu kuat di telinga. Sedih sebenarnya jika menjadi orang kristen hanya meributkan tentang aliran gereja ini atau gereja itu. Lagu ini mengingatkan kepadaku bahwa gereja itu sebenarnya bukan mengenai gedung dan menaranya, bukan tentang cara memuji dan menyembah Tuhan dengan bersorak-sorai dan ekspresif atau secara sendu dan tenang. Gereja adalah tentang orang yang percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan juru selamat. Masih banyak orang-orang yang belum mendengar injil dan kabar keselamatan, mau sampai kapan kita sebagai orang-orang yang sudah mendengar injil dan memiliki gedung gereja hanya meributkan tentang gedung dan jenis aliran gereja tertentu?

Matius 28:19 – 20 menyatakan Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-KU dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. Ayat ini begitu jelas dimana Tuhan Yesus menyuruh kita orang-orang yang percaya dan menerima keselamatan untuk :

  1. Pergi
  2. Jadikan semua bangsa murid Yesus, bukan jadikan semua bangsa jemaat gereja tertentu
  3. Baptis mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh kudus
  4. Ajarkan mereja melakukan segala sesuatu yang telah Yesus perintahkan

Sudahkan sebagai orang-orang percaya kita melaksanakan apa yang Yesus amanatkan? Atau kita hanya menjadi seorang kristen egois yang tidak mempedulikan keselamatan orang-orang yang belum mengenal Yesus dan hanya mengurusi atau mempermasalahkan jenis/macam aliran gereja mana yang paling benar ? Selamat merenungkan. Tuhan Yesus memberkati.

Business development – Closeup of hands holding seedling in a group

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s