HUT PMKK 35: Be Fruitful!

HUT PMKK ke-35 kali ini mengangkat tema “Be Fruitful” dengan ayat pegangan Yohanes 15:16 “Bukan aku yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.” Panitia menyadari bahwa selama ini Tuhan sudah banyak memberkati PMKK hingga 35 tahun. Saatnya PMKK menghasilkan buah yang dapat dilihat orang lain dan berdampak bagi sesama.

Untuk itu, panitia mempersiapkan HUT PMKK ke-35 ini sejak awal kepengurusan. Sehingga sejak bulan Maret 2015 panitia telah mengadakan survei ke desa Kenteng, kecamatan Sumogawe, kabupaten Semarang. Saat kami berkunjung, kami disambut hangat oleh Ketua RT sekaligus Gembala Gereja di sana. Kami diizinkan untuk mempersembahkan pujian dan berkeliling melihat apa yang dibutuhkan dari desa Kenteng untuk kami kerjakan. Masih ada banyak rumah di sana yang menyatu dengan kandang ternak dan menurut Bapak Gembala, pengelolaan kotoran hewan di sana belum baik. Akhirnya, kami memutuskan untuk megadakan penyuluhan tentang gaya hidup bersih yang menjadi problem utama di desa Kenteng ini. Beberapa kegiatan yang kami rencanakan adalah yang pertama kali dilakukan PMKK, seperti khitanan massal dan minggu ceria (lomba untuk anak-anak).

hut1
Panitia dan kakak-kakak alumni survei

Selama masa persiapan HUT PMKK ini, kami panitia merasakan tuntunan Tuhan yang diberikan lewat Bapak Gembala serta dukungan dari kakak-kakak PMKK alumni yang sangat luar biasa. Dari awal, panitia bergumul untuk memilih tanggal yang tepat untuk hari-H. Di semester ganjil, khususnya bulan Oktober sangat banyak kegiatan kampus serta ujian tengah semester yang harus kami ikuti. Sungguh kalau bukan Tuhan yang menyediakan tanggalnya, kami tidak bisa menentukan tanggal terbaik untuk berlangsungnya acara ini.

Kami menyadari bahwa untuk mengerjakan pekerjaan besar ini kami tidak akan mampu jika hanya pengurus PMKK yang berpartisipasi, sehingga kami memutuskan untuk mengadakan open recruitment untuk semua MKFK ambil bagian di HUT PMKK ke-35 sebagai tim penyuluhan kesehatan, pengobatan massal, khitanan massal, dan minggu ceria. Untuk itu, publikasi di PMKK sendiri dan desa sekitar Kenteng kami gencarkan agar semakin banyak yang bisa mengikuti rangkaian acara HUT PMKK ini. Kami mengadakan pembekalan bagi 60 orang panitia untuk dilayani terlebih dahulu sebelum melayani.

Publikasi, persiapan transportasi, konsumsi, serta simulasi sebelum hari-H telah kami lakukan. Bahkan kami mengadakan dana usaha dalam bentuk “Kaos HUT PMKK” dari pemenang “PMKK mencari desainer” yang dijual di lingkup PMKK dan alumni. Namun, h-1 minggu kami mendapat kabar bahwa belum ada anak yang mendaftar, padahal brosur untuk khitanan massal sudah kami titipkan di Puskesmas. Kami panik dan rasanya hampir putus asa untuk mengadakan khitanan massal ini. Namun, lewat Bapak Gembala yang mau menyebarkan brosur yang ada dari rumah ke rumah akhirnya ada 2 anak yang mendaftarkan diri. Tuhan menyediakan jalan yang terbaik bagi kami untuk belajar pertama kali mengadakan khitanan massal.

Puji Tuhan rangkaian acara HUT PMKK ke-35 kemarin secara keseluruhan berjalan dengan lancar. Mungkin dari setiap panitia yang hadir memiliki kesan masing-masing yang didapatkan dari HUT PMKK. Misalnya, panitia minggu ceria sungguh merasakan sukacita yang luar biasa ketika bisa bermain dan bersukacita bersama dengan anak-anak di sana, bahkan mereka berpesan kepada kami “Nanti datang lagi ya kak!” 🙂

hut2
Foto bersama anak-anak Desa Kenteng

Hal lainnya yang mengesankan adalah ketika kami tidak merencanakan adanya home visit, ternyata Tuhan menunjukkan kalau mereka membutuhkan itu. Banyak dari mereka yang membutuhkan perhatian, dukungan doa, dan waktu dari tenaga kesehatan untuk memberikan penerimaan bahwa mereka pun manusia yang dikasihi. Bersyukur ada kakak-kakak alumni yang langsung bersedia memberi diri mengunjungi pasien yang ada.

hut3
Home visit

Rasanya tanpa bantuan dari kakak-kakak alumni yang mengambil bagian hampir di setiap bidang kegiatan, acara HUT PMKK kemarin tidak akan berkesan dan jadi berkat buat semua. HUT PMKK bukan hanya milik kami, mahasiswa yang masih kuliah di FK Undip, tetapi juga milik alumni yang berperan terhadap keberadaan PMKK saat ini. Harapan kami untuk HUT PMKK tahun depan adalah tetap dapat melibatkan alumni dalam setiap rangkaian HUT PMKK. Tuhan yang memiliki PMKK rindu anak-anak yang dikasihi-Nya mulai dari pertama kali berdirinya PMKK hingga saat ini dapat berkumpul dan hadir menjadi saksi kasih Tuhan bagi setiap orang. Semua demi kemuliaan nama Tuhan.

HUT PMKK ke-35?! Be Fruitful!

PMKK?! To God be the Glory!

hut4

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s