Tuhan yang membuatku terkagum (Sharing Alfredo, Juara I Anatomi Gimsco 2015)

Shallom kakak-kakak teman-teman adik-adik yang terkasih 🙂

Perkenalkan saya Alfredo, MKFK angkatan 2012, biasanya dipanggil Edo.

Buat saya sendiri, PMKK adalah keluarga yang jadi tempat yang menguatkan dan bertumbuh di dalam Tuhan. Begitu banyak hal yang bisa saya pelajari dari setiap individu yang ada dalam PMKK dan saya percaya Tuhan tidak pernah salah menempatkan orang-orang di sekitar saya, termasuk setiap orang di dalam PMKK yang boleh saya kenal dan belajar banyak hal, terkhusus dalam hal menjadi dokter Kristen yang mengerti dan menghidupi panggilan Tuhan dalam hidupnya.

Sekarang saya sudah memasuki semester 8. Awal perkuliahan saya sangat sulit untuk menyesuaikan cara belajar di kedokteran. Saya melihat bagaimana berkali-kali saya gagal pada pretest, tentamen maupun saat ujian mid pre dan akhir semester. Sempat terpikir pada waktu itu, apa saya salah dalam menginterpretasikan jawaban Tuhan? Dalam pergumulan saya, Tuhan tetap meyakini saya bahwa menjadi dokter adalah panggilan Tuhan dan bagaimana saya diajar untuk beriman untuk apa yang belum saya lihat. Perlahan demi perlahan Tuhan menunjukkan penyertaanNya dalam studi saya. Nilai akademis saya membaik, bahkan saya dipercayakan untuk menjadi asisten dosen Anatomi. Disitu saya diajarkan bagaimana lemahnya saya saat saya berjuang dengan kekuatan sendiri dan bagaimana iman menjadi dasar saya untuk tetap bertahan dan melihat pekerjaan Tuhan yang begitu besar.

Awal November 2015 kemarin, saya dipercayakan mewakili UNDIP pada Perlombaan Anatomi nasional di Jogja, GIMSCO. Pada waktu itu saya dan partner saya Thomas mulai mempersiapkan perlombaan sejak awal September, dimana pada waktu itu setiap sore kami berkumpul untuk belajar. Cukup sulit untuk saya mempersiapkan perlombaan ini karena fokus yang cukup terbagi waktu itu. Persiapan KemBak sebagai fasilitator pada minggu pertama Oktober, minggu kedua mengisi acara di temu Alumni FK Undip, minggu ujian mid di minggu ketiga, minggu keempat acara HUT PMKK ke-35 sebagai penanggung jawab sirkumsisi massal, dan beberapa hari berikutnya adalah perlombaan. Pikiran saya begitu terpecah pada waktu itu, terutama kegiatan sirkumsisi massal karena kegiatan ini adalah kegiatan sirkumsisi masal pertama PMKK dan saya kebingungan dalam mempersiapkannya. Tetapi Tuhan begitu baik, Tuhan mengirimkan saya orang-orang yang mau membantu, dan saya belajar begitu banyak hal pada saat itu. Pada hari perlombaan pun, Tuhan memperlihatkan bagaimana penyertaanNya, bagaimana hikmat Tuhan mengalir, bagaimana Tuhan mengatur semua situasi, sehingga saya bisa meraih juara 1.

Saya hanya bisa terkagum, karena secara pandangan manusia, melewati semuanya adalah tidak mungkin, tapi saya begitu mengucap syukur memiliki Allah yang berdaulat atas kemustahilan.

Pengalaman saya melayani di PMKK, saya pernah menjadi pengurus magang bidang keilmuan di tengah menuju akhir tahun 2013, pengurus bidang keilmuan 2014, dan menjadi Koordinator Bidang 1 pada kepengurusan 2015. Sangat banyak hal yang saya dapatkan di kepengurusan PMKK selama ini, dan yang bisa saya utarakan adalah, saya mengucap syukur Tuhan boleh memberi kesempatan melayani di PMKK. Kalau enak ga enak yaa, campur-campur ya, tapi pada akhirnya saya meilhat semua mendatangkan kebaikan buat saya sendiriimg1446393065398.

Untuk penutup, apapun yang hari-hari ini jadi pergumulan kita, tetap percaya kalau Tuhan sudah memanggil kita, Tuhan yang akan tanggung jawab atas hidup kita, dan bagian kita adalah taat akan panggilan tersebut.

Tuhan berkati

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s