Warta PJS 18 Maret 2016 ~ Mengetahui Kehendak Allah

Warta PMKK

PJS – 18 Maret 2016 ¬ PA Mengetahui Kehendak Allah

Visi PMKK :
Dokter Kristen yang memiliki Integritas, Profesionalisme, serta Pengabdian yang tinggi dengan motivasi yang benar dalam mewujudkan Misi Allah bagi dunia

Misi PMKK :
Penginjilan, Pemuridan, Pelipatgandaan, Pengutusan

Herlina Dini Nugraheni
Phone : 0857 4089 3800 /  Email : herlinadini20@gmail.com
Rekening PMKK Bank Mandiri a.n Prasarita 1350007348178

Facebook: PMK Kedokteran Undip / Twitter: @PMKK_undip / Instagram: pmkk_fkundip / Web: pmkkundip.org

 

RENUNGAN

MENGETAHUI KEHENDAK ALLAH

Seringkali kita ingin mengerti kehendak Tuhan dan apa yang Tuhan inginkan dalam hidup kita, tapi kita tidak tahu apakah ini kehendak/ keinginan daging kita atau yang akan kita lakukan adalah kehendak Tuhan.

Nah bagaimana kita tahu ?? ^^

  • Berhubungan pribadi dengan Tuhan

Seperti sahabat, kita akan mengetahui apa yang diinginkan oleh sahabat kita jika kita berhubungan, berbincang-bincang dengannya (tidak hanya berbicara tetapi juga mendengarkan yaa) dan tidak hanya dalam satu keadaan tapi setiap saat..

Nah, sudahkah kita berhubungan secara pribadi dengan Tuhan? Membaca firman Tuhan? Berdoa? Atau disaat kita berdoa kita malah terlalu banyak meminta dan berbicara sehingga Tuhan tidak kita beri kesempatan untuk berbicara.

  • Tuhan telah memberikan Roh Kudus kepada orang yang percaya kepadaNya

Roh Kudus adalah pribadi, Ia menghibur, menginsafkan, memimpin, menuntun dan bahkan dapat didukakan. Berdoa dan minta agar Roh Kudus menuntun hidup kita (Lihat Mazmur 143:10)

 

  • Damai sejahtera

Di saat kita melakukan kehendak Allah, maka yang ada adalah damai sejahtera, jika tidak, jangan-jangan kita melakukan apa yang kita mau dan itu tidak sesuai dengan apa yang Tuhan mau. (baca Yesaya 32:17 ^^)

Yuk belajar cari tau dan berusaha lebih peka apa yang Tuhan mau dalam hidup kita SETIAP SAAT.

Tuhan Yesus memberkati ^o^

 

Pokok Doa

  1. Pembicara dan firman Tuhan yang telah disampaikan
  2. Bangsa Indonesia dan pemerintahan, Semarang dan kota asal masing-masing beserta pemimpinnya
  3. Dekan, pembantu dekan, dosen, staf dan administrasi
  4. KTB di FK Undip
  5. Persiapan paskah
  6. Persiapan MPP
  7. Persiapan PA Coass
  8. Persiapan UPM Modul 2.1, 4.1, 6.1 dan ujian ident
  9. Teman-teman yang lomba SIMPIC, persiapan IMO
  10. IPE 2013
  11. Panum 2012
  12. Ijin penelitian, EC yang belum keluar, pengerjaan penelitian KTI 2012, 2013
  13. Ujian stase dan kelancaran coass tiap stasenya
  14. PERANG dan Persekutuan coass, integritas
  15. Kesehatian, kesehatan, pelayanan, kegiatan MKFK
  16. Teman-teman yang berulangtahun minggu ini
  17. HPDT MK FK

 

Infomed            

BAHAYANYA SERING MAKAN GORENGAN

Bagi yang hobi ngemil,gorengan adalah jenis makanan camilan yang banyak digemari.Terutama pada saat hujan hujan begini lagi sendirian dirumah sambil nonton TV,sungguh sangat nikmat sekali.Kebanyakan camilan yang digoreng adalah jenis keripik keripikan,dan ada juga yang lain seperti pisang goreng dan kawan kawan.

Namun dibalik rasanya yang enak selalu bikin ketagihan, ternyata terlalu sering mengkonsumsi gorengan ternyata bisa membahayakan kesehatan jangka panjang.Seperti pada umumnya diketahui masayarakat bahwa makanan gorengan akan memicu kolesterol jahat tinggi dalam tubuh.Penyakit yang bisa diakibatkan oleh kolesterol tinggi ini juga bermacam macam salah satu misalnya gangguan jantung.

Namun tahukah anda bahwa resiko terlalu sering makan gorengan ternyata lebih besar  bahayanya lagi bagi kesehatan?..
Hasil dari penelitian yang didanai sebuah lembaga di Swedia beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa makanan yang banyak mengandung karbohidrat, makanan seperti kentang, singkong dan ubi yang diproses dengan digoreng terbukti dapat merangsang pembentukan senyawa karsinogenik (pemicu kanker) bernama akrilamida.
Sementara bahan pangan yang direbus atau dikukus ternyata hanya mengandung sedikit senyawa akrilamida, sehingga tak berbahaya bagi kesehatan.

Akrilamida merupakan senyama kimia yang umumnya  dipakai di laboratorium .Selain itu pada umumnya diluar negeri Akrilamida dipakai  untuk menggumpalkan kotoran dalam proses pemurnian air minum pada PAM.
Senyawa ini dinyatakan sangat berbahaya bagi kesehatan. Selain memicu kanker juga akan merusak syaraf, itu sebabnya akrilamida juga disebut sebagai zat neurotoksik.
Akrilamida berpotensi menimbulkan tumor, merusak DNA atau materi genetika juga merusak sistem reproduksi, mengganggu tingkat kesuburan serta dapat mengakibatkan keguguran. Jadi untuk ibu hamil yang terkontaminasi akrilamida bayinya berpotensi lahir cacat (teratogen).

Pada sebuah penelitian, akrilamida bisa ditemukan pada semua bahan /makanan yang sehari-hari kita makan, seperti nasi, roti, biskuit, ikan, hingga daging. Akan tetapi  kandungan akrilamida yang paling tinggi terdapat pada bahan makanan yang tinggi kadar karbohidrat. Akrilamida pada makanan akan muncul jika bahan makanan diolah dengan cara digoreng ataupun dipanggang. Pengolahan dengan suhu tinggi dapat menyebabkan senyawa karbohidrat pada bahan makanan tersebut terurai.
Sebagian karbohidrat yang terlepas ini kemudian bereaksi dengan asam amino, sebuah senyawa penyusun protein, hingga terbentuklah akrilamida.

Dalam hasil penelitian yang berjudul Analysis of Acrylamide, a Carsinogen Formed in Heated Foodstuffs, Eden Tareke, seorang peneliti dari jurusan kimia lingkungan Universitas Stockholm, Swedia mengungkapkan bahwa bahan pangan yang direbus atau dikukus ternyata hanya mengandung sedikit senyawa akrilamida, sehingga tak berbahaya bagi kesehatan.

Lain halnya jika  makanan tersebut diolah dengan digoreng atau dipanggang, karena kandungan senyawa akrilamida akan menjadi amat tinggi, yaitu 2.500 mikrogram pada suhu penggorengan 190 – 220 derajat celsius.
Dengan jumlah kandungan akrilamida sebesar itu menjadi harus diwaspadai,karena hasil uji peneliti mengungkapkan bahwa batas toleransi bagi tubuh orang dewasa adalah 0,5 mikrogram per hari.Bayangkan saja perbandingannya antara 2.500 dengan 0,5.
Dengan kadar sebesar itu saluran pencernaan mampu menyerap dan mengeluarkannya melalui urin dalam beberapa jam kemudian.

Bukan hanya itu saja,ternyata penelitian lain juga menyatakan bahayanya terlalu sering ngemil gorengan.
Ternyata Cemilan seperti keripik dan gorengan bisa  meningkatkan pertumbuhan polip di usus besar, sehingga menaikkan risiko kanker usus besar (kolorektal).
Di Asia, kanker usus besar sangat rentan untuk menyerang orang yang mengidap  sindrom Lynch. Dan hampir 70 persen pengidap sindrom Lynch akan mengembangkan kanker kolorektal. Sindrom Lynch  ini mempengaruhi satu dari 660 orang.

Mengingat dampak buruknya lebih besar dari dampak baiknya,sebaiknya dikurangi kayaknya dengan ngemil gorengan.

 

Petugas PJS Jumat, 1 April 2016, Nonton FILM

 

WL Cindy 2013 PJ Latihan Tinanda 2014 Usher KTB Kevin 2013
PJ Hari H Dea 2013 PJ Konsumsi 2012
Pemusik Ferdi 2014 Operator Mey 2015 Doa Syafaat KTB Olive 2012
Renungan Siska 2015

 

CPKTB

Galau? Frustasi? Pengen curhat? (Dept P&K PMKK)

Bisa SMS ke 082221065156

 

Rindu di doakan? (Dept. Doa PMKK)

Bisa SMS ke 081-328-946-771

 

 “Before I formed you in the womb I knew you,
before you were born I set you apart;
I appointed you as a prophet to the nations.”

Jeremiah 1 : 5 (NIV)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s