Penyuluhan Kesehatan Getasan, Kopeng

Shallom semuanya! Saya Olivia Roxanne PMKK angkatan 2013. Saya akan sharing sedikit tentang pelayanan kesehatan yang dilakukan PMKK pada 1 Mei 2015 di Desa Diwak, Kecamatan Getasan, Kopeng.

Bekerjasama dengan tim dari  STT Kristus Alfa Omega dan Fakultas Seni Pertunjukan UKSW, di sana PMKK berbagi kasih dengan mengadakan penyuluhan kesehatan, cek tensi – gula darah – kolesterol, dan konsultasi kesehatan gratis bagi warga Desa Diwak. Penyuluhan yang kami lakukan bertopik Diabetes Melitus, khususnya Diabetes Melitus tipe II.

Mengapa Diabetes Melitus ?

Penyuluhan Kesehatan 3

Secara statistik, prevalensi Diabetes Melitus di desa Diwak cukup tinggi. Diabetes Melitus yang dibicarakan adalah tipe II, yang secara kuat dipengaruhi oleh gaya hidup terutama diet harian warga. Setelah ditelusuri, warga Desa Diwak memiliki kesukaan untuk mengkonsumsi teh manis, gorengan, dan lain-lain makanan maupun minuman yang berkalori tinggi tanpa diimbangi dengan aktivitas yang seimbang. Hal ini tentu sangat disayangkan mengingat penyakit DM tipe II dapat dicegah. Selain itu, kesadaran warga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin relatif rendah. Warga lebih suka mencari obat sendiri ke warung-warung atau tidak berobat sama sekali. Obat yang diperoleh di warung tentu tidak diresepkan oleh tenaga medis sehingga hanya mengobati gejala yang dikeluhkan.

Apa yang PMKK lakukan?

Penyuluhan Kesehatan 6

Masalah tersebut melatar-belakangi diadakannya penyuluhan tentang DM tipe II dalam pelayanan kesehatan kali ini. Isi penyuluhan meliputi pengetahuan dasar tentang penyebab DM, gejala dan tanda yang ditimbulkan, komplikasi dan usaha pencegahan serta pengobatan terhadap DM. Penekanan terutama diberikan dalam usaha pencegahan, termasuk di dalamnya komposisi dan frekuensi makan yang sehat sebagai menu diet sehari-hari. PMKK juga membagikan stiker dan beberapa poster tentang DM tipe II untuk ditempel di rumah-rumah. Harapan kami, setelah mengikuti penyuluhan warga lebih memahami penyakit DM tipe II dan stiker serta poster yang dibagikan bisa menjadi pengingat untuk senantiasa memelihara gaya hidup sehat sebagai bentuk kewaspadaan terhadap risiko menderita DM.

Bagaimana respon warga ?

Penyuluhan Kesehatan 5

Sungguh luar biasa! Warga menyambut dan memanfaatkan dengan antusias semua pelayanan yang tersedia. Warga berkumpul untuk terlebih dahulu dicek tekanan darah, gula darah dan kolesterolnya. Setelah itu hasil pemeriksaan dituliskan di kertas dan dibawa warga untuk mengikuti penyuluhan, agar warga tidak hanya mendengarkan tetapi juga memeriksa kondisi diri sendiri sesuai hasil pemeriksaan. Seusai penyuluhan, warga yang ingin berkonsultasi tentang kesehatan pribadinya bisa menemui dr. Fransiska Sutrisno PMKK 2008 untuk diperiksa. Suasana pelayanan dipenuhi sukacita dan kekeluargaan antara PMKK dengan warga Desa Diwak.

Harapan kami untuk pelayanan kesehatan selanjutnya?

Penyuluhan Kesehatan 1

Pelayanan di Desa Diwak tentu bukan yang terakhir kali. Masih banyak pelayanan kesehatan yang akan PMKK lakukan di waktu yang akan datang. Kami berharap lebih banyak lagi anggota PMKK dan alumni PMKK bisa terlibat, agar bersama-sama kita bisa belajar untuk melayani sesama dengan ilmu dan keterampilan kita. Jika berhalangan untuk ikut serta di hari H, masih banyak yang dapat dilakukan! Kakak-kakak bisa memperlengkapi adik-adik angkatannya dengan skill pelayanan kesehatan, agar pelayanan yang kami kerjakan semakin berdampak bagi  banyak orang. Atau, bisa juga dengan merekomendasikan ladang pelayanan, baik lokasi maupun jenis pelayanan yang diberikan. Mari ambil bagian dalam pelayanan ini agar berkat Tuhan bisa dibagikan untuk lebih banyak orang dan namaNya semakin dimuliakan.

Sekian yang bisa saya bagikan tentang pelayanan di desa Diwak, Kopeng. Sampai jumpa di pelayanan kesehatan selanjutnya ! Tuhan Yesus memberkati.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s