Medical Mission Course X Serukam – Part 3

Pembicara lain yang datang di minggu keenam adalah dr. Edi Tehuteru yang merupakan dokter dengan bidang spesialisasi kanker anak. Beliau memberikan seminar mengenai perawatan paliatif. Kami diajak untuk melihat dan mengenal kebutuhan pasien terminal dari segi fisik, spiritual, emosional dan sosial. Salah satu hal yang selalu ditanamkan beliau, bahwa pekerjaan kita sebagai tenaga medis adalah pekerjaan yang menggunakan hati. Kita harus tahu bagaimana berbelas kasih pada pasien kita kelak, belajar mendengarkan dan memahami kebutuhan mereka. Banyak hal yang kami pelajari dari sosok dr. Edi, bukan hanya dari ilmu medis saja tetapi dari kerendahan hati dan totalitas beliau dalam melayani Tuhan dan melayani pasien. Beliau juga mengundang kami untuk berkunjung ke RS Kanker Dharmais dan melihat bagaimana konsep bangsal anak “smiling ward “dijalankan.

Di minggu yang sama kami juga berkesempatan untuk bedside teaching dengan dr. Edy Lubis, spesialis mata sekaligus direktur RSU Bethesda Serukam. Beliau mengajak kami untuk ikut dalam pemeriksaan di poli mata, serta melihat kasus mata yang banyak terdapat di masyarakat. Kami juga belajar dari dr.Kristian spesialis obsgin. Kami diajak untuk melihat dan belajar teknik pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) untuk mendeteksi dini kanker leher rahim dan dapat diterapkan jika kelak bekerja di daerah yang memiliki keterbatasan fasilitas dan alat. Kami juga diajak mengingat kembali mengenai berbagai kasus kegawatdaruratan di bidang obsgin. Begitu banyak pembekalan ilmu dan skill yang kami dapatkan selama MMC, baik dari pembicara luar maupun dari tenaga medis Serukam. Kami merasakan betapa kami masih memiliki banyak keterbatasan ilmu maupun pengalaman dalam bidang medis. Hal tersebut memacu kami untuk terus belajar dan memperbarui ilmu kami sehingga kelak siap ketika ditempatkan sebagai tenaga medis di manapun.

Di akhir minggu, kami menghadiri kegiatan persekutuan pemuda GKE Sinlu dan menyampaikan firman mengenai kekudusan hidup serta penyuluhan kesehatan reproduksi remaja. Esoknya di ibadah umum GKE Sinlu yang bertepatan dengan HUT gereja, kami mengikuti perayaan dan perjamuan kasih. Sungguh kami merasakan suasana keakraban dan kekeluargaan di antara jemaat. Setelah itu kami berkesempatan memberikan penyuluhan HIV/AIDS dan penyuluhan mengenai peran orangtua dalam perkembangan remaja.

…bersambung

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s