Sharing Alumni: Overflowing Grace (3)

Pengobatan massal

Pengobatan massal dilaksanakan di gedung Puskesmas Banyudono yang baru. Pengobatan massal ini terdiri dari pendaftaran, pengukuran tekanan darah, dokter periksa, dokter konsultasi, laboratorium dan apotek. Pada awalnya, alurnya sempat kurang teratur karena pasien sudah terlebih dahulu datang sebelum jam yang ditentukan, dan tim kami dari Semarang baru datang tepat jam 9, tetapi puji Tuhan semua perlahan tertangani dan menjadi teratur sampai acara selesai. Penanggung jawab PMKK yang sudah datang terlebih dahulu langsung mengatur antrian pasien sambil menunggu tim kami lengkap dan siap.

1454649125661
MKFK mengantar pasien ke ruang yang telah ditentukan.

Acara dimulai jam 9.30, pasien mulai dipanggil masuk sesuai antrian. Awal menuju ke pendaftaran sekaligus diperiksa tekanan darahnya, kemudian menuju ke dokter periksa, dilanjutkan ke dokter konsultasi sambil menunggu obat. Dokter periksa terdiri dari 9 orang, sedangkan dokter konsultasi terdiri dari 6 orang. Di ruang dokter periksa, pasien dianamnesis, diperiksa dan diberi resep obat. Kemudian pasien menuju ke dokter konsultasi, disini pasien diedukasi dan diizinkan untuk bercerita dan mencurahkan isi hatinya tentang kehidupan sehari-hari, sambil menunggu obat mereka datang.

1454649138244
Pemeriksaan tekanan darah setelah melakukan pendaftaran.
1454649118681
Dokter alumni PMKK mendoakan pasien di bagian konsultasi.

Pada bagian dokter konsultasi inilah kami bisa berbagi Injil dan mendoakan mereka, awalnya sempat kuatir mengingat waktu dan kondisi, namun ternyata semua berjalan dengan sangat lancar. Banyak kesaksian yang diceritakan dalam konsultasi ini, para pasien dengan mudahnya menceritakan kehidupan mereka dengan gamblang dan mereka tampak senang karena ada yang mau mendengarkan cerita dan keluh kesah mereka. Para dokter konsultasi kemudian meminta izin untuk mendoakan mereka satu persatu dan secara tidak terduga, semua mau didoakan dan banyak yang menangis karena merasakan sentuhan kasih. Pasien diberkati, dan dokter konsultasi pun mempunyai pengalaman baru. Dari sinilah kami diingatkan jadi dokter jangan lupa untuk melayani dan menyentuh mereka juga dengan hati dan secara  keseluruhan, bukan hanya secara fisik. Setelah didoakan kami memberi bunga kepada para pasien, dan mereka melanjutkan menuju pasar murah/sembako.

bersambung

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s