Warta PJS 23 Februari 2018

IMG_20180222_222618_393

Warta PMK FK

PJS – 23 Februari 2018  Love Of Lord

Visi PMK FK :
Bersatu menjadi tenaga kesehatan yang memiliki integritas, pengabdian tinggi, dan hati seperti Kristus dalam mewujudkan misi Allah bagi dunia

Misi PMK FK :
Penginjilan, Pemuridan, Pelipatgandaan, Pengutusan

Laura Ligianta Tarigan
Phone : 0815 7512 3141 /  Email : ligianta_laura@yahoo.com

Rekening PMKK Bank Mandiri a.n Prasarita 1350007348178

Line@: @krb1415a / Instagram: pmkfkundip / Web: pmkkundip.org

RENUNGAN                 

LUB DUP

John 15:17 “This is My command: Love each other.”

Bulan februari selalu identik dengan valentine, coklat, bunga, dan cinta kasih. Padahal seharusnya, bukan hanya di 14 februari saja, tapi setiap bulan, setiap hari, setiap jam, menit dan detik, kita harus dipenuhi dengan cinta kasih.

Mengapa kita perlu mengasihi? Dalam Yohanes 15:9-17, Tuhan sudah dengan jelas memerintahkan kita untuk saling mengasihi. Bahkan terdapat DUA kali kalimat “Inilah perintah-Ku” (di ayat 12 dan 17). Jelas ini merupakan perintah yang sangat amat perlu diperhatikan.  Alasan lain? Karena Bapa kita sudah terlebih dahulu mengasihi kita dengan pengorbanan-Nya di kayu salib dan juga Tuhan sudah menjadi Bapa yang senantiasa menjaga, menopang, dan melindungi hidup kita hingga saat ini.

Tapi siapa yang harus dikasihi? Ada banyak ayat di Alkitab yang menjelaskan tentang siapa yang harus kita kasihi. Kita harus mengasihi Tuhan dan sesama manusia (Matius 22: 37-39), pasangan hidup ( Kolose 3:19), sahabat (Amsal 17:17) dan bahkan musuh (Matius 5:44). Intinya kita harus mengasihi semuanya tanpa memandang latar belakang apapun.

“Are you a Coronary Artery? Because you’re wrapped around my heart”

Quotes diatas bukan gombalan ala Dilan 1990, tapi sudah seharusnya kita menjadi pribadi yang dipenuhi dengan kasih, dan menjadikan kasih sebagai hal penting seperti arteri coroner yang melekat dan memvaskularisasi jantung. Yuk! Miliki hati yang saling mengasihi satu sama lain 🙂

God bless!

 

Pokok Doa

  1. Bangsa dan Negara Indonesia
  2. Universitas Diponegoro dan Fakultas Kedokteran
  3. Perkuliahan dan Kesehatan MKFK
  4. Hasil UP KU dan KG
  5. Persiapan MPP 2018

 

Infomed

Broken Heart Syndrome

“Maaf sayang, hubungan kita sampai di sini saja ya.”

KRAKK!! Seketika terdengar suara retakan karena patah hati. Tapi tahukah kamu bahwa patah hati ternyata ada sindromnya? Yup, namanya Broken Heart Syndrome atau bisa disebut juga dengan Tako-tsubo cardiomiopathy. Tako-tsubo berasal dari Bahasa Jepang yang berarti “pot perangkap gurita”. Disebut demikian karena pada saat penderita mengalami sindrom ini, ventrikel kiri jantung membengkak menyerupai bentuk pot tersebut. Tahun 1986 di Rumah Sakit Umum Massachusetts dilaporkan satu kasus yang meninggal karena sindrom ini. Mulai tahun 2000, publikasi kasus BHS mulai meluas di seluruh dunia.

Apa saja penyebabnya?

Jenis sindrom ini disebabkan oleh masalah psikologis berupa stres emosional dan beberapa stres fisik. Stres emosional berupa stres yang menyangkut psikologis penderita seperti kecelakaan atau meninggalnya orang yang disayangi, menerima kabar buruk, atau tekanan kerja yang berlebihan. Sedangkan stres fisik berupa upaya bunuh diri, penyalahgunaan obat terlarang seperti kokain dan heroin, mengidap penyakit dan nyeri yang berat, serta penyakit hipertiroid (tirotoksikosis).

Bagaimana mekanisme terjadinya BHS?

Tekanan stres yang berat memicu sekresinya hormon katekolamin berlebih. Hormon ini bersifat toksik di otot jantung sehingga menyebabkan kegagalan kontraksi otot jantung. Sindrom ini juga rentan pada wanita saat menopause. Pada saat menopause terjadi penurunan hormone estrogen yang bersifat kardio-protektor.

Apa saja gejala BHS?

Gejalanya terjadi pada saat mengalami stress emosional yang berat. Penderitanya akan mengalami nyeri dada seperti ditekanan benda yang berat, tenggorokan tercekik, nadi tidak teratur, jantung berdebar yang kemudian tiba-tiba pingsan.

Bagaimana cara pencegahan dan pengobatannya?

Sindrom ini dapat dicegah dengan manajemen stres dan pola hidup yang sehat.Bila mengalami masalah, serahkan dan meminta pertolongan kepada Tuhan. Dengan begitu perasaan akan lebih damai dan kita dapat mengatasi masalah karena pertolongan Tuhan. Melihat masalah dengan kepala dingin dan pemikiran positif mampu meringankan beban pikiran karena permasalahan tersebut. Bila terjadi sindrom tersebut, segera diperiksakan ke dokter.

 

HAPPY BIRTHDAY !!!!!!!

Kiki                                                                                                                       18 Februari

Valencia                                                                                                               18 Februari

Shella                                                                                                                   21 Februari

Ariana                                                                                                                  22 Februari

 

Galau? Frustasi? Pengen curhat? (Dept P&K PMK FK)

Bisa SMS ke 0812-1901-2655

Rindu di doakan? (Dept. Doa PMK FK)

Bisa SMS ke 0896-6712-2286

 

Jesus said unto him, “Thou shalt love the Lord thy God with all thy heart, and with all thy heart, and with all thy soul, and with all thy mind. This is the first and great commandment. And the second is like unto it, Thou shalt love thy neighbour as thyself. On these two commandments hang all the law and the prophets.”

Matthew 22 : 37-40

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s