Warta PJS 30 November 2018

5634A751-57A6-4B26-B028-297BA01F16ECWarta PMK FK

PJS – 30 November 2018 The Butterfly Effect

Visi PMK FK :
Bersatu menjadi tenaga kesehatan yang memiliki profesionalitas, integritas, pengabdian tinggi, dan hati seperti Kristus dalam mewujudkan misi Allah bagi dunia.

Misi PMK FK :
Penginjilan, Pemuridan, Pelipatgandaan, Pengutusan

Laura Ligianta Tarigan
Phone : 0815 7512 3141 /  Email : ligianta_laura@yahoo.com

Rekening PMKK Bank Mandiri a.n Prasarita 1350007348178

Line@: @krb1415a / Instagram: pmkfkundip / Web: pmkkundip.org

RENUNGAN                       

THE BUTTERFLY EFFECT

Matius 14:13-36

Dalam kehidupan kita seringkali hal-hal yang nampak kecil namun mempunyai dampak yang begitu besar. Seperti api dari sebatang rokok dapat menghanguskan berhektar-hektar hutan. Begitu pula dengan hidup kita, perbuatan-perbuatan yang kita lakukan dapat memberi dampak yang besar di masa depan. Menurut Edward Lorenz “ketidakpastian sekecil apapun yang mungkin terdapat pada kondisi awal akan bertambah secara eksponensial seiring dengan waktu, dan pada akhirnya akan menjadi sangat besar sehingga pengetahuan akan kondisi dari suatu system menjadi tidak berguna”.

Tentu kita ingat bagaimana Yesus memberi makan 5000 orang dengan roti dan ikan, saat itu murid-murid menyarankan agar Yesus menyuruh mereka pulang karena hari sudah mulai malam sedangkan mereka belum makan, tetapi Yesus menyuruh mereka untuk memberi orang-orang itu makan, namun makanan yang terdapat pada mereka hanya 5 roti dan 2 ikan lalu mereka memberikannya kepada Yesus, saat itu juga dari 5 roti dan 2 ikan sanggup diubah Yesus untuk memberi makan 5000 orang dengan sisa 12 bakul penuh.

Berdasarkan cerita diatas, dapat kita lihat dengan perbuatan kecil kita Tuhan sanggup membuatnya menjadi besar, kembali ke hidup kita masing-masing jika sehari-hari kita melakukan kebohongan kecil, kecurangan kecil, semuanya serba kecil sehingga kita berani berkata ”tidak apa-apalah Tuhan ini tidak seberapa, tidak setiap hari aku melakukan seperti ini” dapatkah kita bayangkan seberapa besar dampak yang Tuhan berikan jika hidup kita tidak benar? Lalu apa yang terjadi jika kita tidak berkompromi dengan “hal-hal kecil” diatas? tentu hidup kita menjadi berbeda, kita dapat menjadi berkat bagi orang lain dan tentu, mukjizat akan Tuhan berikan tepat pada waktunya.

Mari kita sebagai anak Allah memiliki hidup dengan standar yang tinggi, standar Kerajaan Allah dengan tidak berkompromi dengan hal-hal kecil yang membuat kita jauh dari Allah dan tetap meneruskan perbuatan baik kita tanpa jemu-jemu. Kalau 5 roti dan 2 ikan saja bisa memberi makan 5000 orang dengan sisa 12 bakul apalagi hal-hal baik yang terus kita lakukan tentu mempunyai dampak yang lebih besar.

Pokok Doa

  1. Kedamaian untuk Bangsa & Negara Indonesia
  2. Universitas Diponegoro dan Fakultas Kedokteran
  3. Kesehatan dan Kesehatian MKFK
  4. Natal 2018
  5. Komuda KU 15
  6. Praktek mahasiswa Gizi 2015
  7. Persiapan UAS gizi, farmasi, keperawatan

Infomed

YUKK BELAJAR NUTRITION FACTS

Informasi nilai gizi alias nutrition facts adalah label yang biasanya ada di kemasan makanan, berisi informasi kandungan zat gizi makanan tersebut. Informasi ini sangat diperlukan untuk mengetahui zat gizi dari produk yang akan Anda beli dan konsumsi.

nutrition

  1. Jumlah Sajian Per Kemasan

Satu kemasan makanan (satu bungkus atau satu kotak) biasanya memiliki lebih dari satu sajian. Jumlah sajian per kemasan menunjukkan jumlah takaran saji yang terdapat dalam satu kemasan makanan. Misalnya suatu makanan kemasan memiliki keterangan “8 sajian per kemasan”, itu artinya setiap satu kemasan dapat dibagi menjadi 8 sajian atau dapat dikonsumsi sebanyak 8 kali dengan tiap frekuensi konsumsi menghabiskan satu sajian.

  1. Kalori Total Per Sajian

Kalori total menunjukkan seberapa banyak energi yang akan didapat dari setiap sajian makanan. Semakin banyak sajian yang dimakan, semakin besar jumlah kalori yang diperoleh. Penulisan kalori biasanya disertai dengan kalori dari lemak yang dihitung tersendiri, karena tidak termasuk kalori total.

  1. Angka Kecukupan Gizi (AKG)

AKG atau Daily Values (DV), merujuk pada kebutuhan energi harian rata-rata yaitu sebesar 2000 kalori. AKG menunjukkan jumlah kadar zat gizi baik dalam satuan berat seperti milligram (mg) atau gram (gr), maupun penyajian dalam bentuk presentase (%) AKG. Setiap zat gizi memiliki rekomendasi jumlah konsumsi harian masing-masing, sedangkan persentase AKG diperoleh berdasarkan proporsi kandungan zat gizi dalam sajian, dibandingkan rekomendasi jumlah konsumsi harian. Kebutuhan zat gizi harian dikatakan terpenuhi jika % AKG dari zat gizi tersebut mencapai 100%.

  1. Kandungan Zat gizi Yang Harus Dibatasi

Beberapa kandungan yang harus dibatasi dari konsumsi makanan kemasan adalah lemak jenuh dan lemak trans, gula tambahan, dan garam (natrium/sodium). Kandungan zat gizi ini biasanya mudah terpenuhi dari berbagai jenis makanan. Jika berlebih, akan meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, hipertensi, dan kanker.

  1. Kandungan Zat gizi Yang Harus Dipenuhi

Beberapa zat gizi seperti vitamin, protein, mineral, dan serat diperlukan untuk menjaga keseimbangan zat gizi setiap hari, mencegah berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Misalnya, pemenuhan kecukupan AKG dari kalsium dapat mencegah pengeroposan tulang, zat besi (iron) dapat mencegah anemia, dan vitamin C diperlukan untuk memperkuat imunitas tubuh.

  1. Kandungan Zat gizi Tambahan

Karbohidrat serta gula fruktosa dan sukrosa merupakan zat gizi tambahan dan tidak diperlukan dalam jumlah yang terlalu banyak karena tubuh dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan harian zat gizi tersebut. Misalnya, karbohidrat dapat dipenuhi dari gula, sayuran berserat, gandum utuh, dan nasi, sedangkan fruktosa dan sukrosa dapat diperoleh dari konsumsi buah-buahan.

  1. Perhatikan Juga Daftar Komposisi Makanan

Makanan yang dibuat dari lebih dari satu bahan makanan biasanya memiliki daftar komposisi, dan pada umumnya daftar komposisi diurutkan dari jumlah terbanyak hingga yang paling sedikit. Kadar komposisi juga biasanya mencantumkan bahan makanan yang memiliki kandungan zat gizi tersendiri.

Petugas PJS Jumat, 7 Desember 2018, Praise and Worship

 

WL

Maria 2016 PJ Latihan/PJ Hari H Mega 2016 Usher KTB Reva  2016
Osten 2018 PJ Acara Anggun 2017 PJ Konsumsi 2017
Pemusik Andrew 2017 Operator Diaz 2018 Doa Syafaat KTB Denti 2015
Primaditya 2016
Alexandhe 2017
Anggun 2017 Renungan Irene U 2018 Infomed

 

Angel 2018

HAPPY BIRTHDAY !!!!!!!

Arnan Victor W                                               27 November

Ester Theresia S.                                             29 November

Joyful Christmas

Natal PRKK FK UNDIP 2018

Friday, December 1st, 2018

Open gate at 1.30 p.m

GKI Gereformeerd

(Jl. DR. Sutomo No.24, Randusari, Semarang)

See you guys!!

Galau? Frustasi? Pengen curhat? (Dept P&K PMK FK)

Bisa SMS ke 081219012655

Rindu di doakan? (Dept. Doa PMK FK)

Bisa SMS ke 089667122286

Ingin meminjam buku? (Dept. Komunikasi PMK FK)

Bisa Direct Message ke IG: pmkk_library

Therefore to him that knoweth to do good, and doeth [it] not, to him it is sin.

James 4:17 (KJV)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s