Allahku, Allah Yang Setia

Haloo, PMKK !

Kenalin aku Clara Vica Rudangta Tarigan. Panggilannya Clara dari PMKK angkatan 2014. Asalnya dari Medan tapi orangtua tinggal di Kalimantan karena papa melayani jadi dokter disana.

Kenapa bisa pilih FK?

Pasti kebanyakan orang berpikiran Clara ngambil dokter karena background dari Papa dan Bolang (kakek) yang memang profesinya dokter. Sebenernya gak salah-salah juga sih hahaha. Dari kecil ngeliatin papa di praktek, ngeliatin orang-orang sakit, dan dari kecil setiap ditanya mau jadi apa langsung ngejawab jadi dokter. Mungkin karna cuma ngeliat profesi dokter akhirnya mentok banget cita-citanya jadi dokter. Ditambah lagi dari SMP selalu suka sama pelajaran Biologi karena gurunya nyenengin *curhat* Hahaha.

Dan kenapa FK Undip? Jadi Clara masuk FK Undip lewat jalur Undangan. Nah sebenernya ceritanya lumayan kocak dan unpredictable sih hahaha. Kocaknya karna yang milih FK Undip itu bukan Clara, tapi kakak kelas! Jadi ada penyuluhan Undip gitu ke SMA-nya Clara. Yang penyuluhan itu kakak-kakak kelas dari SMA yang sama dengan Clara dan mereka lagi kuliah di Undip gitu. Nah jadi itu udah H-2 ata H-3 gitu dari deadline pengumpulan berkas buat jalur undangan dan Clara belum milih universitas manapun. Kriteria Clara cuma 1 ya harus FK. Sebenernya bingung karna orangtua pengennya Clara tetap kuliah di Medan biar deket sama keluarga besar (FYI : Clara udah gak tinggal sama orangtua dari kelas 3 SMP karna papa harus pindah tugas. Jadi mama dan 2 adik Clara yang lain ikut papa pindah sedangkan Clara tinggal sama pembantu.) Karena alasan dari SMP udah gak sama orangtua trus mereka jadi rada parno kalo misalnya kuliah juga harus pindah kota lagi. Tapi karena beberapa alasan, Clara gamau lanjut kuliah di Medan. Nah kan lagi bingung-bingungnya tuh, pas banget ada kakak kelas yang nawarin kuliah di Undip. Trus dengan polosnya Clara bilang Undip itu apa wkwkwkwk. Soalnya yang Clara tau Cuma UI,UGM,USU, dan sejenisnya. Trus akhirnya mereka pada jelasin tentang Undip. Dan Clara emang bener-bener gapunya pikiran apa-apa tentang Undip. Berhubung gapernah ke Semarang juga kali yaa. Trus Clara tanya emang Undip ada Fknya kak? Trus mereka ketawa :” wkwkw. Rada nyebelin juga sih orang gatau malah diketawain wkwk. Trus katanya ada. Clara mikir deh kira-kira kalo Undip gimana. Trus Clara nelfon Papa nanya Undip gimana trus kata Papa yaudah terserah Kak Ua (panggilan Clara dirumah) maunya gimana. Tapi kalo di Jawa gak susah masuknya kak? Emang sebelumnya udah ada kakak kelas kakak di FK Undip? Dannnnn…. Clara mulai ragu wkwkw. Soalnya setau Clara emang belum ada kakak kelas Clara di FK Undip. Tapiii pada akhirnya bermodalkan doa dan percaya sama rencananya Tuhan, akhirnya Clara setuju ngambil FK Undip. Sebenernya karna udah mentok gatau milih apa dan terbujuk rayuan kakak kelas itu..

Trus kan Clara nunggu pengumuman Undangan nih barengan sama belajar buat persiapan UN. Waktunya sekitar sebulan gitu. Nah kan Clara les di bimbingan belajar gitu kan, trus pas istirahat les, ada temen-temen yang ngomong gitu tentang doa Novena Tak Pernah Gagal (bisa searching sendiri yaa di google doanya gimana^^) Nah intinya tuh kita doa sekali sehari selama 9 hari di jam yang sama tapi gerejanya boleh beda-beda. Trus ngedoain permintaan kita. Trus akhirnya sekelompok sepakat tuh 9 hari ngelakuin doa Novena. Clara juga ikut hihi. Singkat cerita udah hari ke 9 nih, trus kan besoknya udah gak doa lagi tuh berarti. Tapi Clara tuh jadi keenakan sendiri wkwkwk. Gatau kenapa rasanya jadi tenang aja setelah ngomong sama Tuhan apa yang jadi keinginan Clara. Rasanya kaya lebih pasrah aja sama rencana-Nya Tuhan. Buat Clara gak masalah mau doanya orang Katolik atau Kristen yang penting Clara ngerasa nyaman buat ngomong sama Tuhan. Daannn akhirnya Clara berdoa itu sampe hari pengumuman kelulusan Undangan. Dan awalnya udah rada hopeless, tapi takut ngecewain papa yang sampe datang ke Medan buat tau langsung gimana nasib undangan Clara. Dan… pas jam 12 siang Clara buka pengumumannya dan tulisannya Lulus!! Papa yang disamping Clara langsung nangis trus meluk Clara gituu. Rasanya kayak gak mungkin bisa lulus di Universitas yang tempatnya aja Clara gatau, gapunya senior disana sebelumnya, dan ajaibnya ditentuin H-2 sebelum penutupan. Tapi temen-temen harus percaya Tuhan Yesus itu gapernah nutup mata dan telinga-Nya buat orang-orang yang bener-bener minta dan pasrah sama rencana-Nya. Jadi jangan takut minta apapun sama Tuhan yaaa temen-temen. Tapi jangan lupa berusaha jugaa^^

Lanjuuuutt… PMKK! Apa yaaa? PMKK buat Clara itu keluarga juga ladang-Nya Tuhan. Keluarga karna Clara bisa cerita apapun jugaa. Mau sedih, seneng, galau, semuanya bisa Clara ceritain ke PMKK. Mau Clara sakit, sehat semuanya selalu ada dan siap berbagi kasih sama Clara. Ladang-Nya Tuhan karna isinya orang-orang luar biasa dengan talentanya masing-masing yang siap buat sama-sama jadi pekerja di ladang-Nya Tuhan. Rasanya kalo ada seseorang yang punya kekurangan, selalu di back up sama yang lain sehingga rasanya jadi nyaman banget di PMKK. Clara percaya sekali hati Tuhan ada di PMKK dan Tuhan sayang sekali sama PMKK. Terutama PMKK 2014 yang aaaaaa gatau apa kata yang pas buat ngegambarin PMKK 2014. Luar biasa, kocak, gatau malu, jahil, dan kata-kata yang bisa menggambarkan betapa bersyukurnya Clara punya kalian. Semuanya punya talenta dan kelebihan di bidangnya masing-masing dan bikin 2014 jadi kaya rayaaa sama berkat-Nya Tuhan. Pengalaman yang paling berkesan waktu gabisa ikut MPP Duhh bener-bener sedih udah latihan capek-capek, ngafalin lagu dan gerakan yang aduhai, tapi H-1 malah tumbang dan harus dirawat di rumah sakit. Rasanya sedih banget ngeliat temen-temen lain bisa nampilin yang terbaik buat Tuhan tapi Clara cuma bisa nangis di kamar rawat inap. Tapi Clara percaya Tuhan pasti punya rancangan yang lebih indah daripada bayangan Clara.

Yang bisa didapetin di PMKK? Hmm, yang pertama pasti Clara ngerasain kedekatan yang lebih sama Tuhan Yesus saat di PMKK. Banyak yang selalu ngedorong buat kenal Tuhan lebih lagi, nyoba mengenal gimana hati-Nya Tuhan. Clara juga dapet keluarga baru pastinya. Karna merantau jauh dari rumah jadinya kerasa banget bareng PMKK rasanya kayak lagi dirumahJClara juga dapet “pekerjaan” di ladang-Nya Tuhan lewat PMKK. Seneng banget punya keluarga yang punya visi dan misi yang sama, yang mau dipakai Tuhan lebih dan lebih lagi, yang selalu mau belajar buat ngasih yang terbaik buat Tuhan, pokoknya PMKK itu precious gift from God yang bikin Clara jadi Clara yang lebih baik dari sebelumnya.

Pengalaman bersama Tuhan di FK yang paling berkesan? Gak terhitung hahaha. Semuanya berkesan. Tuhan selalu punya trik-trik ajaib yang bikin Clara tetap bisa bertahan di FK sampai sekarang. 1 sharing yang simple. Jadi pas hari Jumat, Clara ada responsi 3 matkul setelah ishoma bersama dengan dosen-dosen yang killer dan laporannya seabrek sampai Clara gak tidur semalaman dan bahkan sampe jam 11an Clara belum nyelesaiin 1 dari 3 laporan. Nah kan jam 11.30 ada PJS tuh, trus Clara bingung ikut PJS gak yaa. Kan lumayan tuh ada 1,5 jam buat ngerjain laporan. Tapi trus hati Clara gak tenang gitu. Kayak Tuhan ngomong “Kok Clara gak percaya sama Aku? Apa tugas Clara lebih penting daripada kamu datang dan cicipi hadirat-Ku? Apa Clara takut dan gak percaya? Aku punya rancangan yang lebih besar seandainya Clara mau untuk serahin segala ketakutan Clara dan datang bilang apa yang Clara mau.” Trus setelah Tuhan ngomong gitu, Clara nangis. Kayak Clara cerita Clara takut, Clara bingung Clara harus gimana. Lalu dengan Cuma bermodalkan kepercayaan Tuhan punya rencana, Clara pilih ikut PJS dan ninggalin tugas-tugas Clara. Dan gatau kebetulan apa gimana, khotbahnya itu tentang kekhawatiran soal masa depan gitu. Trus pembicaranya bilang “Jika kamu meminta sesuatu dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya. Tetapi carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya akan ditambahkan kepadamu. ”Dan selama PJS, Clara bener-bener ngerasa terberkati. Kayak Tuhan emang pengen Clara datang dan denger khotbah itu. Trus pas udah selesai, Clara saat teduh. Mengucap syukur karna Tuhan ngasih kesempatan Clara buat dateng PJS. Trus Clara bilang ke Tuhan kalau Clara percaya Tuhan punya rencana. Tuhan yang punya hidup Clara dan Clara anak-Nya Tuhan. Tuhan pasti gaakan biarin Clara jatuh. Apapun yang terjadi sama Clara, Clara mau Tuhan yang ambil alih segala kekuatiran Clara dan Clara mau ngehadapinnya bareng-bareng sama Tuhan.

Dan ajaibnya, setelah Clara bilang amin, hp Clara bunyi. Ternyata ada chat dari grup responsi. Isinya ngasih tahu kalo responsi yang laporannya belum Clara kerjain itu gak jadi karna dosennya tiba-tiba ada operasi penting. Widiiiiihhh rasanyaaa…. Bener-bener gabisa ngomong apa-apa lagi. Clara langsung berdoa, ngucap syukur, bilang kalo Tuhan, Engkau memang luar biasa. Temen-temen percaya deh kalo kita mau peka sama suara Tuhan dan melakukan apa yang jadi kesukaan hati Tuhan, Tuhan pasti kasih kita penjagaan dan berkat yang gapernah kita pikirin sebelumnya. Yuukk temen-temen mau gak ngerasain hal hebat bareng Tuhan J

Terakhiiir, pesan buat kakak-kakak dan teman-teman supaya tetap memelihara kedekatan sama Tuhan Yesus. Karna pribadi Tuhan gak kalah asyik kok sama temen-teman kita yang lain. Jangan pernah capek ngenal hati Tuhan. Jatuh sekali atau dua kali atau berkali-kali itu hal yang wajar, tapi kalo kita mau terus berusaha Tuhan pasti ngangkat kita lebih tinggi lagi. Dia denger kok kalo kita nangis, Dia lihat kok kalo kita sedih, Dia 7×24 jam selalu ada bareng temen-teman. Jadiii tetap kuat, tetap bersinar, tetap bercita-cita jadi dokter yang luar biasa karna Tuhan kita luar biasa lhoo !

Buat kakak-kakak alumni yang kece badaiiii, terima kasih sudah dengan sabar membimbing untuk kenal Kristus lebih dalam lagi. Terima kasih untuk dedikasinya dan memberikan hati buat kami. Sukses terus kakak-kakak dimanapun kalian berada. Clara percaya kalian orang-orang yang luar biasa bersama Kristus. Semoga Tuha nselalu menyertai pekerjaan kalian dan tetap melayani dimanapun kalian berada.

Ayat penutup yang Clara ambil dari (Filipi 1 : 3-4;6) :

“Aku mengucap syukur kepada Allahku setiap kali aku mengingat kamu. Dan setiap kali aku berdoa untuk kamu semua, aku selalu berdoa dengan sukacita.

Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan baik diantara kamu, akan meneruskannya sampai pada hari Kristus Yesus.”

Tuhan Yesus sayang kamu, sayang saya, sayang PMKK. Tetap berjalan bersama Tuhan dan alami hal ajaib bersama Dia. Jesus Bless Us 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s